KASUS ETIKA BISNIS DI PERUSAHAAN

KASUS ETIKA BISNIS

Dalam setiap aktivitas, ada aturan-aturan tertentu yang harus dipenuhi, entah itu aturan tertulis maupun tidak tertulis. Begitupun dalam dunia bisnis. Ada etika-etika yang harus dijalankan agar bisnis berjalan baik.

Tanpa adanya etika bisnis dakam berbisnis, persaingan antar perusahaan bisa menjadi tidak sehat, konsumen dirugikan, pencemaran lingkungan terjadi ataupun memunculkan praktek  monopoli perdagangan.

Etika bisnis adalah pedoman dalam menentukan benar atau tidaknya suatu tindakan yang dilakukan oleh perusahaan dalam menjalankan bisnis.

  • Contoh kasus 1
Kasus Alphabet dan Facebook :

Di tengah spekulasi bahwa berita hoax yang tersebar di media sosial mungkin telah mempengaruhi pemilu AS 2016. Perusahaan raksasa seperti Facebook dan Google memilih mengabaikan kemungkinan itu.

Namun itu berubah pada tahun 2017, dengan Facebook dan Google yang memperoleh sebagian besar pendapatan mereka dari penempatan iklan, keduanya mengatakan  bahwa mereka telah menemukan akun yang terikat dengan pemerintah Rusia.
  1. Facebook melaporkan sekitar 3.000 iklan yang terikat dengan Kremlin yang bertujuan untuk membagi negara yang telah dibeli pada platformnya.
  2. Google, sementara itu, menemukan puluhan ribu iklan yang dibeli oleh entitas terikat Rusia di Youtube dan Gmail.
  3. Twitter juga mengungkapkan bahwa outlet berita yang dibayar oleh pemerintah Rusia, Rusia Today telah menghabiskan US 274.000 dalam iklan di platform pada tahun 2016.
Twitter, Facebook, dan Google masih menyelidiki berapa banyak aktivitas Rusia yang ada di platform mereka. Menambah masalah besar teknologi besar. Kongres tampaknya mengambil sikpa lebih keras terhadap sektor ini, dengan beberapa di Capitol Hill mempertanyakan cara mereka membuat user terus datang kembali.
  • Contoh kasus 2
Kasus Perusahaan Uber :

Jika sebelumnya Uber digugat dengan undang-undang adalah guncangan kecepatan, maka 2017 perusahaan ini mendapat kasus seperti dengan tuduhan pelecehan seksual, kepemimpinan Travis Kalanick yang dipetanyakan, dan penyelidikan kasus-kasus kriminal lainnya.

Pada bulan Februari, mantan karyawan Uber Susan Fowler datang ke publik menuduh budaya pelecehan seksual di perusahaan ini. Pada bulan Mei, Departemen Kehakiman mengungkapkan penyelidikan kriminal atas dugaan penggunakaan perangkat lunak yang dijuluki "Greyball" oleh Uber untuk menghindari regulator diwilayah geografis dimana ia beroperasi secara ilegal.

Tak lama setelah kepemimpinan perusahaan berganti, London melarang Uber dari Ibukota Inggris, dan pada bulan November, terungkap bahwa Uber telah diretas, menempatkan data dari sekitar 57 juta pengguna dalam bahaya.

Tidak seperti dalam kasus United Airlines, pengguna Uber telah memilih alternatif untuk mobil hitam, karena kesengsaraannya yang sedang berlangsung, Uber telah menyerahkan sebagian dari pangsa pasarnya Lyft, sekarang mengendalikan 74% dari pasar AS terhadap 84% tahun lalu.

Uber pernah memiliki valuasi sekita US 68 miliar. Perusahaan perbankan Jepang, Softblank, sementara itu membeli saham diperusahaan ini dengan valuasi US 48 miliar.
  • Contoh kasus 3
Kasus PB Djarum dan KPAI :

Kasus ini diawali dari laporan Yayasan Lentera Anak kepada KPAI tentang adanya kemungkinan eksploitasi anak pada seleksi PB Djarum, dimana dalam kegiatan yang diadakan, anak-anak menggunakan kaos yang ada tulisan merk Djarum yang cukup mencolok.

Ketua dari Yayasan Lentera Anak, Lisda Sundari, menyatakan bahwa hal itu melanggar PP 109 tahun 2012 tentang pengamanan bahan yang mengandung zat adiktif berupa tembakau untuk kesehatan, Kurang lebih ada 3 pasal yang dilanggar PB Djarum. Pertama, semua yang disponsori oleh produk tembakau tak boleh melibatkan anak. Kedua, tak  bileh menggunakan citra merek dan logo produk tembakau. Ketiga, tak boleh dipublikasikan.

  • Contoh kasus 4
Kasus PT. Megasari Makmur :

Obat anti nyamuk HIT yang diproduksi oleh PT.  Megasari Makmur dinyatakan ditarik dari peredaran karena penggunaan zat aktif Propoxur dan Diklorvos yang dapat mengakibatkan gangguan kesehatan terhadap manusia. Departemen Pertaniam, dalam hal ini Komisi Pestisida telah  melakukan inspeksi di pabrik HIT dan menemukan penggunaan pestisida yang mengganggu kesehatan manusia seperti keracunan terhadap darah, gangguan syaraf, gangguan pernapasan, gangguan terhadap sel pada tubuh, kanker hati dan kanker lambung.

HIT yang promosinya sebagai obat anti nyamuk ampuh dan murah tenyata sangat berbahaya karena bukan hanya menggunakan Propoxur tetapi juga Diklorvos (zat turuna Chlorine yang sejak puluhan tahun dilarang penggunaannya di dunia). Obat anti nyamuk HIT dinyatakan berbahaya yaitu jenis HIT 2,1 A (jenis semprot) dan HIT 17L ( cair isi ulang). Selain itu, Lembaga Bantuan Hukum Kesehatan melaporkan PT. Megasari Makmur ke Kepolisian Metropolitan Jakarta Raya pada tanggal 11 Juni 2006. 

  • Contoh kasus 5
Kasus Oreo PT. Nabisco

Brand image dengan yel-yel yang mudah dicerna seperti kasus di atas, sangat melekat kepada anak-anak. Segmentasi PT.Nabisco pun tepat dalam mengeluarkan produk biskiut coklat berlapiskan susu ini, yaitu anak-anak. Ada pepatah mengatakan “tak ada satu pun orangtua yang tidak menyayangi anaknya”. Ini merupakan ungkapan yang tepat bagi orangtua yang mempunyai anak-anak terlebih anak yang masih berusia kecil. Kekhawatiran orangtua ini, menjadi membludak sebab diisukannya biskuit oreo, yang merupakan biskuit favorit anak-anak, mengandung bahan melamin.

Hal ini cukup berlangsung lama di dunia perbisnisan, sehingga tingkat penjualan menurun drastis. BPOM dan dinas kesehatan mengatakan bahwa oreo produksi luar negri mengandung melamin dan tidak layak untuk dikonsumsi karna berbahaya bagi kesehatan maka harus ditarik dari peredarannya. Pembersihan nama oreo pun sebagai biskuit berbahaya cukup menguras tenaga bagi public relation PT. Nabisco.

Kutipan BPOM, “Yang ditarik BPOM hanya produk yang berasal dari luar negeri dan bukan produksi dalam negeri. Untuk membedakannya lihat kode di kemasan produk tersebut.Kode MD = produksi dalam negeri,aman dikonsumsi.Sedangkan ML = produksi luar negeri.”Gonjang-ganjing susu yang mengandung melamin akhirnya merembet juga ke Indonesia.BPOM telah mengeluarkan pelarangan terhadap peredaran 28 produk yang dicurigai menggunakan bahan baku susu bermelamin dari Cina,diantaranya yang akrab di telinga kita antara lain : Oreo sandwich cokelat/wafer stick dan M & M’s.
Maaf kalau mengecewakan para penggemar Oreo tapi ini kenyataan,ini bukan hoaks lho.
Selain Oreo dan M & M’s ada beberapa produk yang diduga mengandung bahan susu dari Cina seperti es krim Indo Meiji,susu Dutch Lady dll.
Seperti di ketahui heboh susu dan produk turunannya yang mengandung formalin telah mengguncang Cina karena telah merenggut nyawa 4 bayi dan menyebabkan sekitar 6244 bayi terkena penyakit ginjal akut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Visit to @amerika, Pasific Place Mall

DAMPAK PLASTIK BAGI KESEHATAN DAN LINGKUNGAN

Sistem Informasi