Sosial Budaya
Lingkungan sosial budaya merupakan bagian dari lingkungan hidup. Berbagai macam definisi dimunculkan menurut beberapa pakar lingkungan hidup. Lingkungan sosial budaya adalah lingkungan atau tempat manusia berkumpul menjalankan hidup bersosialisasi dan dalam lingkup berbudaya sesuai daerah masing-masing yang menjadi ciri khasnya. Lingkungan sosial budaya menggabungkan antara hidup sosial antar manusia dan budaya masyarakat secara turun-temurun baik itu budaya timur maupun budaya barat sejak manusia lahir di muka bumi ini. Kultur budaya yang dilahirkan atau diciptakan menyatukan pola pikir manusia. Teknologi yang semakin berkembang di jaman modern ini tak luput terlibat dalam lingkungan hidup. Pencampuran kebudayaan yang saling mengisi dapat mempererat hubungan lingkungan sosial budaya dan teknologi.
Keputusan pemasaran pada perusahaan
yang beroperasi di negara sendiri sangat berbeda dengan apabila ia beroperasi
di negara lain. Setiap negara berbeda dalam hal sosial dan budaya. Semua ini
menjadikan pengkajian lingkungan sosial budaya perusahaan tugas yang semakin
rumit karena perusahaan memerlukan praktik dan pendekatan yang berbeda-beda di
tiap negara. Beberapa contoh perusahaan yang melakukan/tidak melakukan kajian
lingkungan sosial budaya yang cukup ada pada bagian berikut.
McDonald's
McDonald’s, ketika memasuki pasar
India pada akhir 1990an, mengganti Big Mac-nya yang terbuat dari daging sapi
menjadi “Maharaja Mac” yang terbuat dari daging kambing ketika ia membuka
operasinya di India. Selain itu, ia juga membagi menunya ke dalam kategori
vegetarian dan non-vegetarian. India, yang mayoritas penduduknya beragama Hindu
adalah pemuja sapi. Sapi dianggap sebagai binatang yang sakral di negara
tersebut. Selain itu, mayoritas dari kaum Hindu adalah vegetarian. McDonald’s
sebagai perusahaan global dalam hal ini menyesuaikan diri dengan budaya lokal
India.
Disini kita dapat melihat bahwa
McDonald’s melakukan beberapa kajian lingkungan eksternal sebelum memasuki
pasar India, terutama pada aspek-aspek budaya, norma, nilai, dan
kepercayaan/agama. Tentu saja McDonald’s juga telah mempertimbangkan variabel
lainnya seperti ekonomi dan politik. Pembukaan restoran McDonald’s pertama di
India dilakukan beberapa tahun setelah pemerintah membuka pintu masuk investasi
asing bagi industrinya.
McDonald’s yang masuk ke India beberapa tahun setelah KFC telah mempersiapkan diri untuk menghindari ancaman-ancaman berupa protes dan demostrasi. Selain itu juga, berusaha menangkap peluang dengan menyesuaikan menu dengan kaum mayoritas di India. Meskipun perusahaan sempat tersangkut kasus hukum (akibat adanya kandungan ekstrak sapi di minyak penggoreng kentangnya), namun kerugian yang dihadapi tidak separah KFC.
sumber :
Komentar
Posting Komentar