PASAR GLOBAL
- Mengambil manfaat dari peluang untuk pertumbuhan dan ekspansi.
- Untuk bertahan hidup
Hal yang mendorong dan menghambat Pemasaran Global
Pemasaran global saat ini dibentuk oleh pengaruh dinamis dari beberapa kekuatan yang mendorong dan menghambat.
- Hal yang mendorong meliputi : – kebutuhan dan keinginan pasar – teknologi – peningkatan transportasi – kualitas biaya – perdamaian global – pertumbuhan ekonomi dunia – mengenali peluang untuk mengembangkan daya tuas secara global.
- Hal-hal yang menghambat : – perbedaan pasar – kecurangan manajemen – budaya organisasi – kontrol nasional.
Konsep Pemasaran Global
- Kebutuhan,
Keinginan dan Permintaan
Kebutuhan,
Keinginan dan Permintaan Ada perbedaan antara kebutuhan, keinginan dan
permintaan. Kebutuhan manusia adalah keadaan di mana manusia merasa mereka
tidak memiliki kepuasan dasar. Kebutuhan tidak diciptakan oleh masyarakat atau
pemasar, tetapi telah diukir dan diukir dalam kondisi manusia. Keinginan adalah
keinginan untuk memenuhi kebutuhan tertentu. Keinginan manusia dibentuk oleh
kekuatan dan institusi sosial. Sedangkan Permintaan adalah keinginan akan
sesuatu yang didukung oleh kemampuan dan kemauan untuk membelinya. Keinginan
menjadi permintaan jika didukung oleh daya beli. Perbedaan ini dapat
menjelaskan bahwa pemasar tidak menciptakan kebutuhan; Kebutuhan yang ada
Pemasar memengaruhi keinginan dan permintaan dengan membuat produk yang sesuai,
menarik, terjangkau, dan mudah diperoleh oleh pelanggan yang dituju.
- Produk
Produk
Produk merupakan sesuatu yang dapat ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan atau
keinginan pelanggan. Pentingnya produk fisik tidak terletak pada kehalusannya
tetapi pada layanan yang dapat diberikannya. Karena itu, dalam membuat suatu
produk harus memperhatikan produk dan layanan fisik yang diberikan oleh produk
tersebut.
- Pertukaran,
Transaksi dan Hubungan
Pertukaran, Transaksi dan Hubungan Kebutuhan dan keinginan manusia dan nilai suatu produk untuk manusia tidak cukup untuk menjelaskan pemasaran. Pemasaran muncul ketika orang memutuskan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka dengan pertukaran. Pertukaran adalah salah satu cara untuk mendapatkan produk yang Anda inginkan dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai gantinya. Pertukaran adalah proses dan bukan peristiwa sesaat. Setiap pihak dikatakan sebagai pertukaran jika mereka bernegosiasi dan mengarah pada kesepakatan. Jika kesepakatan tercapai, itu disebut transaksi. Transaksi adalah pertukaran nilai antara dua pihak. Untuk transaksi yang lancar, hubungan dan kepercayaan yang baik antara pelanggan, distributor, distributor, dan pemasok akan membangun kelompok ekonomi, teknis, dan sosial ikan yang kuat bersama mitra mereka. Jadi transaksi tidak perlu dinegosiasikan kapan saja, tetapi sudah menjadi rutin. Ini dapat dicapai dengan menjanjikan dan memberikan kualitas produk yang berkelanjutan, layanan dan harga yang wajar.
- Pasar
Pasar
Pasar terdiri dari semua pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan atau
keinginan tertentu dan bersedia serta mampu berpartisipasi dalam pertukaran
untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan tersebut. Istilah pasar untuk
menunjukkan sejumlah pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi pada suatu
produk.
- Pemasaran
dan Pemasar
Pemasaran
dan Pemasar Pemasaran adalah keinginan manusia dalam kaitannya dengan pasar,
pemasaran berarti bekerja dengan pasar untuk mewujudkan transaksi yang mungkin
terjadi dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia. Pemasaran adalah
seseorang yang mencari sumber daya dari orang lain dan ingin menawarkan sesuatu
yang bernilai kepadanya. Jika satu pihak lebih aktif dalam mencari pertukaran
daripada pihak lain, maka pihak pertama adalah pemasar dan pihak kedua adalah
calon pembeli.
Contoh Perusahaan Indonesia Yang Berhasil Pada Pasar Global
- Bio
Farma
Perusahaan
yang berbasis di sektor farmasi dan pencegahan penyakit ini harus menjadi
kebanggaan Indonesia. Bagaimana tidak, BUMN ini termasuk dalam 30 perusahaan
farmasi di dunia yang dapat mengekspor vaksin ke 131 negara. Bio Farma memang
tergantung pada pasar global dalam proses produksinya, dengan 65% produknya
diekspor ke berbagai negara.
Sudah
aktif selama 124 tahun, perusahaan global ini terus berinovasi di bidang
vaksin. Pada 2015, Bio Farma diberi izin oleh WHO (World Health Organization)
untuk mengekspor vaksin Pentavalent di seluruh dunia. Vaksin ini agak inovatif,
karena merupakan kombinasi dari enam vaksin dasar seperti difteri, polio,
pertusis, tetanus, hepatitis B, dan juga Haemophylus influenza B. Dengan temuan
ini, imunisasi yang dilakukan pada bayi tidak perlu sebanyak 9 kali seperti
biasa, tetapi hanya perlu 3 kali.
- Sido
Muncul
Perusahaan
yang berawal dari industri jamu rumahan di Semarang pada tahun 1951 telah
menyentuh pasar ASEAN, Hong Kong, Timur Tengah, Australia, Eropa dan bahkan
Afrika. Sido Muncul membawa 250 produk unggulan ke pasar global, dan telah
berhasil menjadi merek terkenal oleh komunitas global. Perusahaan ini memiliki
proses panjang dalam memperluas pasar, di mana negara-negara lain masih
memandang sebelah mata di hadapan obat-obatan herbal. Tetapi tantangan ini
dapat dikelola dengan membangun pabrik dengan standar internasional untuk
suplemen makanan dan Sido Muncul melalui kategori ini.
sumber : https://www.gurupendidikan.co.id/pemasaran-global/
STRATEGI PERLUASAN PASAR
Market development atau pengembangan pasar adalah strategi pertumbuhan dengan menarik lebih banyak pelanggan baru untuk produk yang sudah ada. Dalam hal ini, perusahaan harus mencari segmen pasar baru untuk produknya. Pengembangan pasar biasanya dilakukan ketika segmen pasar saat ini sudah mulai matang.
Dengan mencari pasar baru, perusahaan berusaha untuk memperbesar wilayah pemasaran. Dengan begitu, volume penjualan dapat ditingkatkan.
Pengembangan pasar mungkin tidak melibatkan inovasi produk karena perusahaan hanya menjual produk saat ini ke segmen yang baru. Namun, dalam praktiknya, strategi ini seringkali melibatkan beberapa modifikasi produk.
Contoh pengembangan pasar
Strategi pengembangan pasar menargetkan pelanggan di luar segmen saat ini. Dalam hal ini, perusahaan memanfaatkan nama merek yang telah untuk menciptakan penjualan di segmen baru.
Pasar baru mungkin masih dalam satu wilayah nasional, misalnya di provinsi lain. Atau, itu mungkin adalah pasar luar negeri.
Contohnya adalah perusahaan sepatu terkemuka seperti Adidas dan Nike, yang telah memasuki pasar internasional untuk ekspansi. Demikian juga, ekspansi GoJek ke Vietnam dan Indofood ke Filipina adalah adalah contoh sempurna dari pengembangan pasar.
Kelebihan
Keuntungan strategi pengembangan pasar adalah mendapatkan pelanggan baru, meningkatkan penjualan, dan pertumbuhan perusahaan. Jika diimplementasikan dengan sukses, strategi ini dapat mengarah pada keunggulan kompetitif bagi beberapa perusahaan.
Sebagai strategi pertumbuhan perusahaan
Secara umum, ada empat strategi pertumbuhan dasar yang dapat perusahaan terapkan untuk memperluas bisnis mereka:
- Penetrasi pasar
- Pengembangan produk
- Perluasan pasar
- Diversifikasi
Sementara itu, perluasan pasar dan diversifikasi melibatkan ekspansi ke segmen pasar yang baru. Sementara perluasan pasar hanya memanfaatkan produk yang ada saat ini, strategi diversifikasi melibatkan pengembangan produk baru untuk segmen pasar yang baru. Strategi diversifikasi adalah yang tersulit dan paling berisiko diantara empat strategi pertumbuhan tersebut.
Komentar
Posting Komentar